Pengertian asmaul husna


A. Pengertian Asma`ul Husna

Menurut bahasa, Asma`ul husna artinya nama-nama yang baik. Sedangkan menurut istilah berarti nama-nama Allah yang baik dan yang agung sesuai dengan sifat-sifat Allah sebagai bukti keagungan dan kemuliaan-Nya, jumlahnya ada 99 (sembilan puluh sembilan) nama.Allah berfirman dalam QS. Al-A`raf : 180

Artinya : "Allah mempunyai Asma`ul husna maka memohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asma`ul husna itu." (QS. Al-A`raf:180) Rasulullah SAW menjelaskan bahwa Asma`ul husna jumlahnya 99, sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadis berikut :




Artinya : "Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama, yaitu seratus kurang satu, barang siapa menghafalnya (menyebut di luar kepala) niscaya ia akan dimasukkan ke dalan surga." (HR. Imam Bukhari)

B. Manfaat Asma`ul Husna

1. Al-Kariimu=Yang Maha Mulia
Lafal Asma`ul husna ini mempunyai khasiat yang baik sekali. Kalau Anda menginginkan kemuliaan, baik kemuliaan dunia dan akhirat, amalkan saja berdzikir kepada Allah dengan membaca "Yaa Kariimu" sebanyak 280 kali sewaktu Anda akan tidur.

2. Al-Mu`minu=Yang Memberi Keamanan
Khasiatnya, jika kita menginginkan agar diri kita, keluarga kita dan harta benda kita dapat menjadi aman dari gangguan dan sebagainya, maka bacalah lafal "Yaa Mu`minu" setiap hari sebanyak 136 kali.

3. Al-Wakiilu=Yang Maha Mengurusi
Lafal asma Allah ini mempunyai khasiat sebagai berikut:a. Jika kita mau mengamalkan membaca lafal "Yaa Wakiilu" sebanyak 1000 kali, maka insya Allah Allah berkenan membukakan pintu rezeki dan kebaikan.b. Jika kebetulan turun hujan lebat yang disertai dengan angin ribut yang membahayakan dan menakutkan, maka coba saja kita baca "Yaa Wakiilu" semaksimal mungkin. Insya Allah hujan dan angin ribut itu akan menjadi reda kembali, dengan izin Allah Ta`ala.

4. Al-Matiinu=Yang Maha Kokoh
Asma Allah yang terbaik ini mempunyai khasiat istimewa dan sangat besar. Diantara khasiat
khasiatnya adalah:
a. Kalau kita baca setiap selesai sholat lima waktu "Ya Matiinu" sebanyak 500 kali atau sekaligus 7000 kali insya Allah kita akan memperoleh khasiatnya yang sangat hebat.
b. Jika kita menginginkan agar kita menjadi seorang yang berjiwa kokoh dan kuat, berpikiran yang cerdas, berjiwa yang tenang dan lapang dada serta tidak mudah dapat dipengaruhi oleh orang lain, maka amalkanlah membaca "Ya Matiinu" ini.
c. Apabila kamu sebagai seorang siswa atau mahasiswa yang menginginkan agar berhasil dan sukses segala-galanya, maka bacalah secara rutin lafal "Ya Matiinu" ini sebanyak 500 kali setiap selesai dari shalat fardu lima waktu.
d. Jika kamu sebagai seorang pemimpin, baik sebagai pemimpin masyarakat, pemimpin agama, atau sebagai kepala kantor ataupun jabatan lain, ingin agar diri Anda sebagai pemimpin itu mempunyai wibawa dan jiwa yang kokoh, berfisik dan bermental yang kuat, maka jangan segan-segan berdzikir dengan asma Allah "Ya Matiinu" setiap selesai dari shalat lima waktu. Dengan demikian berkat pertolongan Allah dari zikir Anda itu, maka Anda akan mempunyai jiwa yang kokoh dan kuat.
e. Ketahuilah, bahwa tidak sedikit adanya bukti-bukti dan kenyataan yang menimpa pada diri seseorang, dimana ia mengalami kegagalan total akibat tidak pernah berdzikir kepada Allah. Ia telah membanggakan ilmu pengetahuan dan kecerdasan rasio yang dimilikinya. Oleh karena itu, untuk menghindari yang demikian itu, marilah kita membiasakan berdzikir dengan membaca "Ya Matiinu" ini, maka Allah berkenan memberikan karunia kepada kita menjadi orang yang berjiwa lapang dan mempunyai pikiran yang terang.
5. Al-Jaami`u=Yang Mengumpulkan
Asma Allah ini mempunyai khasiat, yaitu apabila anak Anda atau bujang Anda pergi tanpa pamit, maka bacalah "Ya Jaami'u" semaksimal mungkin. Insya Allah ia akan pulang kembali berkat pertolongan Allah.

6. Al-`Adlu=Yang Maha AdilKhasiatnya, jika kita senantiasa membaca "Ya `Adlu" sebanyak 104 kali setiap selesai dari shalat fardu lima waktu, niscaya kita akan memiliki sifat kepribadian yang adil terhadap siapa saja, yakni tidak mau berlaku curang ataupun berat sebelah.

7. Al-Aakhiru=Yang AkhirKhasiatnya, siapa dapat membiasakan membaca "Ya Aakhiru" setiap selesai shalat lima waktu sebanyak 200 kali lamanya satu bulan, maka Allah berkenan membukakan baginya pintu rezeki yang halal.
C. Perilaku yang Lahir atau Muncul dari Penghayatan terhadap Asma`ul Husna

1. Al-Kariimu=Yang Maha Mulia
Dengan meyakini bahwa Allah SWT itu Maha Mulia, maka kita akan senantiasa bersifat mulia dan berbuat baik kepada siapa saja. Tidak pernah berbuat jahat kepada orang lain. Menghiasi diri kita dengan iman dan takwa sehingga menjadi pribadi yang mulia.

2. Al-Mu`minu=Yang Memberi Keamanan
Pencerminan perilakunya yaitu kita sebagai manusia biasa tidak boleh mengganggu orang lain seperti usil kepada teman. Jadikanlah setiap orang merasa aman berteman dengan kita.

3. Al-Wakiilu=Yang Maha Mengurusi
Dengan keyakinan kita terhadap Yang Maha Mengurusi, maka kita harus berusaha keras dalam mengerjakan sesuatu. Setelah itu kita tawakal (menyerahkan hasilnya kepada Allah). Niscaya Allah akan memberikan hasil yang baik.

4. Al-Matiinu=Yang Maha Kokoh
Meneladani sifat Al Matiinu berarti kita dituntut untuk menjadi orang yang kuat dalam berbagai bidang. Kemudian menggunakan kekuatan itu untuk kebaikan. Misalnya membantu Ibu menimba air atau membantu teman yang mengalami kesulitan.

5. Al-Jaami`u=Yang Mengumpulkan
Meneladani sifat ini berarti kita harus mampu mengumpulkan atau menghimpun sifat-sifat terpuji dalam diri kita. Kita harus mampu bekerja sama dalam kebaikan.

6. Al-`Adlu=Yang Maha Adil
Pencerminan perilakunya yaitu kita harus berlaku adil kepada setiap orang. Kita dituntut menegakkan keadilan meski kepada keluarga atau teman sendiri.

7. Al-Aakhiru=Yang Akhir
Meneladani sifat ini berarti kita menyadari bahwa tujuan akhir kita adalah kembali kepada Allah SWT . Karenanya kita harus menyiapkan bekal menempuh hari akhir dengan berbuat amal saleh.