Sistem komunikasi di negara maju dan negara berkembang nyaris tidak ada bedanya. Akan tetapi, bagaimana bisa terjadi hegemoni informasi negara maju terhadap negara berkembang?

Pada dasarnya sistem komunikasi yang dibangun dan digunakan di negara-negara berkembang tidak berbeda dengan sistem komunikasi di negara-negara maju. Begitu juga dengan penguasaan teknologi komunikasi. Namun yang menjadi perbedaannya yaitu negara-negara berkembang lebih banyak sebagai pengguna (konsumen) teknologi. Sehingga sedikit banyak masih menyimpan ketergantungan kepada negara maju.Sistem komunikasi di negara maju dan negara berkembang nyaris tidak ada bedanya. akan tetapi terjadinya hegemoni informasi negara maju terhadap negara berkembang yaitu karena Pada umumnya kompetisi antar media tersebut berdampak pada pengembangan teknologi komunikasi yang digunakan oleh media terjadi secara terus menerus. Perluasan teknologi dan sistem komunikasi, informasi ilmiah dan kemampuan teknis, Jaringan komunikasi, serta sistem komputerisasi terus disempurnakan. Sehingga Dominasi atas informasi itulah yang oleh para ahlo komunikasi disebut-sebut mengakibatkan hegemoni negara maju atas ideologi, Politik, ekonomi, dan kebudayaan ke hampir seluruh negara di dunia. karena Pesan-pesan mudah tersampaikan kepada target (sasaran) khalayak di berbagai penjuru dunia. Dan didukung juga oleh Teknologi komunikasi, yang semakin memudahkan segala aktivitas komunikasi, juga membantu memudahkan kemasan pesan. Pesan-pesan dikemas sedemikian rupa sehingga mudah dipahami dan dimengerti, sehingga tujuan pesan akan mudah dicerna dan diikuti oleh khalayak di seluruh dunia.
Dan Hegemoni itu sendiri terjadi tatkala informasi dari media internasional datang secara terus-menerus memasuki ruang-ruang publik, bahkan sampai ke ruang pribadi. Lambat laun karena mudah dipahami dan dilakukan secara terus menerus, sampai pada suatu saat khalayak akan merasa butuh pada informasi.

Posting Komentar untuk "Sistem komunikasi di negara maju dan negara berkembang nyaris tidak ada bedanya. Akan tetapi, bagaimana bisa terjadi hegemoni informasi negara maju terhadap negara berkembang?"