Pencarian

TERBARU

Tugas 3 Teknik Hubungan Masyarakat

 Tugas 3 Teknik Hubungan Masyarakat selamat mengerjakan soal tugas 3,

Kamis, 21 Oktober 2021

Hal apa yang menjadi kunci pelaksanaan kebijakan luar negeri dalam hubungan internasional? Bagaimana realita yang terjadi dalam melaksanakan interaksi hubungan internasional?

hal yang menjadi kunci pelaksanaan kebijakan Luar Negeri dalam Hubungan Internasional adalah bagaimana proses atau jalannya komunikasi Internasional yang dilakukan dalam membahas kebijakan-kebijakan Luar Negeri tersebut.Dalam Hubungan Internasional, akan melibatkan beberapa Negara yang mempunya kepentingan-kepentingan seperti kerjasama, kesepakatan, maupun hubungan diplomasi. Pada hubungan tersebut, diperlukannya aktivitas komunikasi yang baik dan akurat, yang mana pada konteks sosialnya harus dilakukan secara menyeluruh, terpisah dan tidak simultan. Karna proses penyampaian pesan atau koordinasi penyampaian pesan yang tidak akurat akan menyebabkan kesalahpahaman antar negara tersebut.
Banyak kasus dari negara-negara maju dan berkembang yang mempunyai hubungan kerjasama antar satu sama lain memiliki komunikasi yang tidak teratur, kerap sekali dalam sebuah percakapan tatap muka pada negara yang terlibat, dalam proses pengiriman pesan/ informasi secara simultan dan tidak terpisah.
Contoh : Indonesia menyampaikaan pesan terkait kerjasama Impor ke Brunai Darussalam secara menyeluruh . Dan Brunai menangkap pesan tersebut sebagai kerjasama yang merugikan. Pesan yang disampaikan Indonesia kepada Brunei Darussalam merupakan pesan yang disengaja, sedangkan pesan yang diterima/ reaksi dari Brunei Darussalam merupakan pesan yang tidak di sengaja tertuju pada Brunei.

Dari kasus di atas dapat disimpulkan bahwa komunikasi Internasional yang mempunyai konteks sosial proses komunikasi yang terpisah itu sangat lah penting. Karena dengan begitu, akan sangat menentukan kebijakan-kebijakan yang harus dipahami dan sepakati setiap pihak yang terlibat, sehingga pihak tersebut dapat memahami maksud dan pesan yang di kemukakan secara menyeluruh dan perinci, maka dari itu tidak terjadi interaksi yang buruk satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts