Kliping adalah ?



1. Apa Itu Kliping ?


Kliping adalah guntingan artikel atau berita dari surat kabar, majalah, dan sebagainya yang dianggap penting untuk disimpan atau didokumentasikan. Artikel atau gambar yang diambil dari media cetak merupakan artikel atau gambar yang memiliki tema serupa. Para siswa sekolah dasar sering ditugasi membuat kliping dengan tema tertentu, misalnya kliping bencana alam, kliping olah raga, kliping kesenian,kliping lingkungan hidup, kliping teknologi, dan sebagainya. Tahukah Anda cara membuat kliping yang tepat?

Kliping dibuat dengan cara menggunting artikel, berita, gambar, dan sebagainya dari koran, majalah, dan media cetak lainnya. Guntingan-guntingan tersebut kemudian ditempelkan dan disusun di kertas lain dan digabungkan menjadi satu untuk kemudian disampul.
Kebiasaan membuat kliping saat ini mulai tergeser oleh pesatnya perkembangan internet. Jarang sekali ada orang yang mau meluangkan waktunya untuk mengoleksi artikel-artikel dari media cetak untuk dijadikan kliping. Kebanyakan orang lebih senang langsung meng-update informasi dengan mengakses internet. Berita dari tahun kapan pun bisa dengan mudah ditemukan di internet.
Namun demikian, media cetak dan internet merupakan dua hal yang berbeda. Berita yang dimuat di media cetak belum tentu informasinya terdapat di internet. Sebagai contoh, harian Kompas versi cetak dan versi online memiliki konten berita yang berbeda. Jika Anda ingin membaca harian kompas yang sama dengan versi cetak secara online, Anda bisa menggunakan versi epaper. Oleh karena itu, membuat kliping memiliki seni dan kepuasan tersendiri bagi yang membuatnya.
Selain untuk dokumentasi berbagai artikel, membuat kliping bisa memberikan banyak manfaat. Membuat kliping adalah sesuatu yang melibatkan kreativitas. Kegiatan ini bisa diterapkan kepada anak-anak. Anak-anak akan senang dilibatkan dalam kegiatan menggunting dan menempel, apalagi tentang tema yang mereka sukai, misalnya mereka diajak membuat kliping puisi anak-anak, atau kliping berbagai eksperimen sains sederhana yang biasanya dimuat di koran dan majalah.
Kliping sangat bermanfaat bagi beberapa kalangan profesi. Bagi seorang penulis, kliping merupakan media arsip tulisan yang pernah dimuat di majalah dan koran. Tulisan-tulisan tersebut suatu waktu bisa dibaca dan dievaluasi kembali agar ia bisa menuangkan pemikirannya lebih baik lagi dikesempatan yang akan datang.


2. Tujuan Membuat Kliping
3. Cara Membuat Kliping
4. Merawat Kliping
5. Kliping dan Kreativitas
Untuk membaca Detail artikel Tentang Kliping
Silahkan Shobat Baca Disini
 
semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Kliping adalah ?"