Friday, 9 May 2014

LAS ASETILIN

Las asetilin merupakan perangkat perbengkelan yang digunakan untuk memotong dan menyambung benda kerja yang terbuat dari logam (plat besi, pipa, dan poros).

Pentingnya Pemeliharaan Las Asetilin
Produksi yang tinggi dan hasil pengelasan yang baik merupakan hal yang selalu diharapkan. Dari hal ini, maka dalam prosesnya alat pengelasan harus selalu dalam kondisi yang baik. Dan untuk mendapatkan operasi pengelasan yang ekonomis maka kesinambungan dan efisiensi operasi serta perawatan harus selalu dijaga.

Menjaga Kondisi Peralatan Las Asetilin
Perawatan merupakan salah satu faktor yang penting dalam mendukung suatu proses produksi yang mempunyai daya saing di pasaran. Produk yang dibuat harus mempunyai kualitas yang baik dan hasil produksi diserahkan ke konsumen dalam waktu yang cepat. Oleh karena itu proses produksi harus didukung oleh peralatan yang siap bekerja setiap saat dan handal. Untuk mencapai hal itu peralatan-peralatan penunjang proses produksi ini harus selalu dilakukan perawatan yang teratur dan terencana.
Pada las asetilin terdapat beberapa item yang perlu diadakan perawatan, yaitu:
  1. Tabung gas oksigen, berisi gas oksigen yang berfungsi dalam proses pembakaran
  2. Tabung gas asetilin, berisi gas asetilin sebagai bahan bakar utama dalam proses pembakaran
  3. Regulator, adalah alat untuk mengatur aliran gas dari masing-masing tabung
  4. Slang penyalur gas oksigen dan asetilin dari masing-masing tabung ke brander
  5. Brander adalah alat yang berfungsi mengatur campuran gas oksigen dan asetilin serta membakarnya
Tabung gas oksigen dan gas asetilin masing-masing dilengkapi dengan katup atau kran pembuka dan penutup aliran gas dan dua alat pengukur tekanan, yaitu yang satu untuk mengetahui tekanan gas di dalam tabung dan satunya lagi untuk mengetahi tekanan gas di lubang pengeluarannya.


No comments:

Post a comment

Search This Blog

Popular Posts