Home » » Cara mudah Root Android tanpa menggunakan PC (Framaroot)

Cara mudah Root Android tanpa menggunakan PC (Framaroot)

Posted by ARIE CELLULAR on Friday, 30 May 2014

                                     
Membuat root perangkat android terkadang membutuhkan banyak waktu lama dan ada yang mengharuskan memakai komputer. Sudah banyak tutorial tentang root perangkat android diinternet, namun kebanyakan perangkat yang dibahas adalah merek-merek yang terkenal saja. Sehingga untuk perangkat android yang jarang digunakan kesulitan untuk me-root. Sekarang saya akan berbagi tips cara cepat root perangkat android tanpa komputer.


Framaroot
Framaroot adalah aplikasi sekali klik yang akan meng-root perangkat android tanpa komputer. Framaroot dikembangkan oleh alephzain dari forum XDA. Dengan sekali klik aplikasi ini bisa menginstal Superuser dan Su binari pada perangkat android anda.

Framaroot mendukung android versi Froyo 2.0 sampai Jellybean 4.2. Ini adalah trik root yang paling cepat dan mudah.

Cara root Android dengan Framaroot
Ada beberapa exploit yaitu Gandalf, Boromir, Sam, Frodo, Aragorn dan Gimli. Nanti dibawah ada daftar-daftar kelompok perangkat android, dipilih sesuai tipe eksploit yang sesuai dengan merk perangkat anda.

Sebelum anda memutuskan untuk root pastinya anda harus mengetahui resiko-resiko jika android sudah diroot.

- Garansi hangus, bisa di unroot lagi tetapi garansi tergantung vendor, jika tahu pernah diroot garansi batal.

- Saat anda masuk mode root berarti anda mempunyai hak penuh sistem android anda, jadi hati-hati saat mengutak-atik sistem.


Kelebihannya diroot juga banyak asalkan kita tahu, lebih baik perangkat diroot, bisa mengganti font, instal custom ROM, dll.






  • Unduh dan instal framaroot 1.9.2apk, untuk kabar terbaru framaroot lihat thread asli Framaroot 
  • Pilih "Install Superuser" pada pilihan framaroot Pilih salah satu eksploit yang sesuai ( lihat daftar dibawah )     dan tunggu sampai selesai. Kalau ada banyak pilhan exploit, coba saja satu-satu bila tidak tahu pakai             exploit yang mana.
  • jika muncul "Success … Superuser and su binary installed. You have to reboot your device" berarti               proses root berhasil lalu nyalakan ulang android.
  • jika muncul "Failed … Try another exploit if available" proses root gagal silahkan ganti dengan eksploit           yang lain.
  • Jika muncul "Check vulnerabilities"
  • your device seems not vulnerable to exploit included in framaroot berarti perangkat tidak didukung oleh         framaroot.


  • Root大师  (RootMaster)

    Root大师 adalah versi mobile dari VRoot. Aplikasi root sekali klik langsung dari Perangkat android. Alternatif jika framaroot tidak mendukung perangkat anda. Menurut pengembangnya root大师 mendukung ribuan model Android.

    Belum banyak referensi mengenai RootMaster ini bagi yang penasaran silahkan dicoba. Unduh Root大师 disini.


    Do With Own Risk.  

    Untuk mengetahui apakah sudah root atau belum, silahkan instal aplikasi Root Checker di playstore.

    Apakah framaroot bekerja di perangkat saya?
    Jika perangkat anda ada di daftar kompabilitas diatas, jawaban singkatnya adalah Ya tetapi tergantung versi firmwarenya, firmware terbaru kemungkinan bisa dirootnya menjadi lebih kecil.

    Jika perangkat dan tipe prosesor tidak ada di daftar diatas jawabannya adalah coba dan lihat hasilnya.

    Perangkat saya ada di daftar kompabilitas tetapi tidak bisa menggunakan framaroot?
    Framaroot sudah dicoba pada semua perangkat yang ada di daftar diatas, karena perangkat anda sudah mendapat pembaruan firmware jadi tidak bisa menggunakan framaroot lagi.

    Mengapa framaroot tidak me-root lagi setelah memperbarui perangkat?
    Karena framaroot memanfaatkan celah keamanan pada perangkat sehingga jika perangkat diperbarui artinya celah keamanan tersebut ditambal dengan patch sehingga framaroot tidak lagi bisa meroot perangkat anda?

    Root hilang setelah saya memperbarui perangkat, apa yang harus dilakukan?
    Saran : Jika anda ingin tetap root setelah memperbarui, jangan perbarui dengan KIES atau ODIN untuk perangkat Samsun atau jangan flash partisi sistem? Lebih baik perbarui menggunakan OTA atau fitur survival OTA pada Superuser atau SuperSU.

    Framaroot crash ketika memilih Exploit Gandalf?
    Ketika crash pada waktu pertama kali memilih exploit gandalf, jangan khawatir! buka lagi dan pilih exploit gandakf seharusnya yang kedua ini bisa.

    sumber; XDA

    Selamat mencoba sob, Semoga bermanfaat Aamiin
    Salam hangat erika n.s





    Thanks for reading & sharing ARIE CELLULAR

    Previous
    « Prev Post

    0 komentar:

    Post a Comment

    Search This Blog

    Popular Posts