Thursday, 6 June 2013

Asal Mula Penemu Kamera

Asal mula kamera
Anda tentu tahu apa itu yang dimaksud dengan kamera dan bahkan mungkin anda memiliki kamera. Kamera merupakan alat jepret yang dapat mengambil bayangan kemudian menyimpannya. Barang ini sudah menjadi pilihan yang menarik untuk anda gunakan. Tentunya anda tidak asing tentang apa itu kamera. Dulu orang masih menggunakan kamera analog yang memakai roll film untuk mengabadikan gambar. Kamera analog sering juga disebut dengan tustel. Dengan kemajuan teknologi, sekarang anda dapat menemukan beragam jenis kamera digital karena sudah jarang orang menggunakan analog. Anda dapat mengambil foto sebanyak-banyaknya tanpa perlu takurt roll film anda akan habis.

Sebelum anda belajar mengenai kamera digital, tahukah anda siapa penemu kamera pertama kali. Penemu kamera pertama kali bukanlah dari Inggris, Eropa, ataupun ilmuwan Jepang melainkan diciptakan oleh ilmuan asal Iraq. Ilmuan ini dikenal dengan nama Al-Hazen atau Ibnu haytham, atau Al-Haytham. Penemu kamera ini lahir pada tahun 965 M di Basra, Iraq. Ia memiliki keahlian yaitu menuntut ilmu Polymath di Al-Azhar. Menurut catatan sejarah, beliau juga menguasai berbagai macam bidang ilmu seperti pengobatan, geomteri, fisika, filasafat, serta matematika. Selain itu juga beliau ahli dalam bidang ilmu optik yang nantinya membuatnya berhasil menciptakan barang canggih yang juga disebut dengan kamera. Kamera yang ditemukan oleh beliau awalnya diilhami dari cahaya yang dihasilkan oleh bulan. Pertama kalinya ia memberi nama hasil ciptaanya dengan kata “Qumroh” yang berarti bukan. Qumroh pertama kali diciptakan di kamar kecil yang memiliki sudut tertutup rapat tanpa cahaya. Hanya ada satu lubang jecil didepan. Setelah itu, ada cahaya yang masuk dalam lubang kemudian dapat menyimpan bayangan.

Penemu kamera ini awalnya hanya membuat kamera berupa kotak kecil yang memiliki sudut untuk menyimpan bayangan. Penemuan ini dikembangkan secara terus-menerus hingga nantinya akan menghasilkan suatu karya yang menarik berupa gambar. Dari hasil penemuannya ini, ia menjadi terkenal dan banyak penemu atau ilmuan lain yang berusaha untuk menggembangkan alat ini. Saat ini, anda dapat menikmati perangkat yang disebut kamera untuk mengambil gambar yang menarik.

Sumber artikel : http://gadgetjakarta.wordpress.com/

No comments:

Post a comment

Search This Blog

Popular Posts