Home » » PROPOSAL EKSTRAKURIKULER

PROPOSAL EKSTRAKURIKULER

Posted by ARIE CELLULAR on Monday, 19 November 2012



ABSTRAK

Karya tulis ini mengangkat tema-tema Ekstrakurikuler dapat membantu membentuk kepribadian siswa-siswa. Dalam hal penelitian penulis menggunakan metode observasi sebagai bahan penelitian. Bahkan Lisa J. Croockeet PHD , seorang professor di university of Nebraska, menyarankan untuk memotivasi anak agar mengikuti kegiatan  ekstrakurikuler disekolah. Penelitian menunjukan bahwa anak-anak yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler mampu mendapatkan nilai yang bagus , kepercayaan diri yang tinggi, manajemen waktu yang baik, dan cenderung menghindari hal-hal yang menurutnya tidak baik bagi dirinya maupun orang lain.
Kata Pengantar

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunianya penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “ekstrakulikuler sangat berperan dalam membentuk kepribadian siswa” karya ilmiah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Disamping itu penulis juga berharap karya tulis ini bermanfaat bagi pembaca dan penulis khususnya dan dapat bermanfaat pula dalam kegiatan belajar mengajar.

Dengan terselesaikannya karya tulis ini, penulis mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dan memberikan bantuan dalam pembuatan karya tulis ini. Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu saran dan kritikan yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan karya tulis ini. Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi semua.

07 januari 2012



Daftar Isi

Lembar Pengesahan
Abstrak
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I                   Pendahuluan
                   I.I      Latar Belakang
                   I.2     Rumusan Masalah
                   I.3     Tujuan Penelitian
                   I.4     Metode Penelitian
BAB II                 Landasan Teori
                   2.1     Kegunaan Ekstrakurikuler dan Pendapat Para Ahli
BAB III       Isi
                   3.1     Manfaat Ekstrakurikuler
                             3.1.1       Umum
                             3.1.2       Dalam Pendidikan
                   3.2     Dampak Positif
BAB IV      Penutup
                   4.1     Simpulan
                   4.2     Saran
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
I.I      Latar Belakang
Ekstrakurikuler merupakan kegiatan siswa yang berfungsi sebagai alat pembantu untuk membentuk sikap dan kepribadian siswa itu sendiri. Karena itulah ekstrakurikuler juga dapat menunjang keberhasilan siswa dalam menghadapi masalahnya. Para orang tidak perlu repot-repot mencari tempat yang menyediakan kegiatan pengembangan bakat tersebut karena tidak sedikit sekolah-sekolah yang menyediakan kegiatan terseut. Tinggal bagaimana orang tua memberikan  dapat member dukungan kepada anaknya dan mendorongnya untuk melakukan aktivitas yang sudah menjadi bakatnya sejak lahir. Sehingga ia tahu betul kegiatan apa yang baik dilakukanya dan kegiatan apa yang tidak perlu dilkuakan. Dengan begitu, ekstrakurikuler memberikan banyak manfaat pada aspek kehidupan seseorang, baik sekarang maupun dimasa mendatang.
 1.2    Rumusan masalah
          1.   Mengapa ekstrakurikuler itu penting ?
          2.   Apakah yang menjadi inti dari kegiatan ekstrakurikuler ?
          3.   Apakah yang menjadi muatan dalam kegiatan ekstrakurikuler ?
1.3     Tujuan Penelitian
Mengetahui pengaruh dari kegiatan ekstrakurikuler dan memenuhi  Tugas Belajar Bahasa Indonesia adalah tujuanya.
 1.4    Metode Penelitian
Metode yang digunakan adalah metode observasi, yaitu metode dengan pengumpulan data dengan menggunakan indra selain itu, metode yang digunakan adalah kepustakaan yaitu metode dengan mengambil data dari bahan pustaka yang relevan dengan bahan penelitian.


Pengertian Kegiatan Ekstrakurikuler

Pengertian kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan diluar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat dan minat mereka melalui kegiatan  yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berwenang disekolah / madrasah.


BAB II
EKSTRAKURIKULER SANGAT BERPERAN DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN

2.1     Kegunaan Ekstrakurikuler dan pendapat para ahli Ekstrakurikuler sudah jelas memberikan manfaat bagi peminatnya salah satunya ialah bisa mengetahui siapa dia dan apa yang ingin dia lakukan. Menurut penelitian yang dilakukan Thomas Fritsch PhD dari Parkinson Research Institute di Aurora Sinai Medical Center Milwauke, kegiatan ekstrakurikuler mempengaruhi kemampuan  kognitif seorang anak dimasa mendatang. Jika anak mengikuti aktivitas tersebut semasa sekolah, maka pada umur 75 tahunan ingatannya masih cukup bagus.
          Tina seelig PhD seorang ahli saraf mengatakan “Terlalu banyak tanggung jawab yang diambil oleh seseorang membuat seseorang frustasi” sehingga Tina menyarankan untuk mencoba dua kegiatan saja. Hal ini dirasakan cukup efektif untuk mengetahui kegiatan mana yang lebih disukai.
          William damon PhD direktur Stanford university center on adolescence berpendapat bahwa remaja yang masih belum menemukan minat dan bakatnya cenderung menjadi pemimpi dan penggemar amatir.
          Pemimpi adalah mereka yang mempunyai angan-angan terlalu tinggi tapi tidak berusaha meraihnya, sedangkan penggemar amatir adalah  mereka yang masih terus mencoba satu per satu kegiatan sampai menemukan apa yang menjadi minatnya.
          Dengan begitu pilihannya adalah orang tua membantu anaknya mengasah bakatnya begitu saran Damon.


BAB III
Isi
3.1     Manfaat Ekstrakurikuler
          3.1.1  Umum
                   Berdasarkan kesimpulan pendapat para ahli
Pada dasarnya kegiatan ekstrakurikuler memberikan apa yang mereka inginkan melalui bakat yang dimilikinya.
          3.1.2  Dalam Pendidikan
Berdasarkan penelitian, anak-anak yang mengikuti Ekstrakurikuler mampu mendapatkan nilai yang bagus, menjadi percaya diri dan mampu menggunakan waktu dengan efektif.
3.2     Dampak positif
Tidak dapat dipungkiri lagi  bahwa kegitan Ekstrakurikuler memberikan segudang kesempatan bagi seseorang dalam mencapai tujuan hidupnya dan memberikan begitu banyak harapan untuk seseorang memperluas pengetahuan serta wawasan yang luas.
BAB IV
PENUTUP
4.1     Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan.

1.     Kegiatan Ekstrakurikuler sangat penting dalam pendidikan nilai karena dalam kegiatan tersebut siswa mendapatkan pengalaman langsung, terlibat secara aktif dalam kegiatan tersebut dan menyediakan cukup waktu diluar jam efektif pelajaran, sehingga pendidikan nilai lebih terkomodasi melalui aktivitas kegiatan ekstrakurikuler.
2.     Pengembangan profil kepribadian yang matang, peserta didik merupakan inti dari pengembangan kegiatan ekstrakurikuler.
3.     Muatan kegiatan ekstrakurikuler meliputi :
Meningkatkan kesadaran moral beragama
Pelatihan profesional yang ditujukan pada pengembangan kemampuan nilai tertentu
Pembiasaan hidup berorganisasi
Penyadaran nilai hidup manusia, alam , bahkan Tuhan
Penyadaran peserta didik terhadap nilai-nilai budaya
Penyikapan nilai-nilai yang berkembang di masyarakat

4.2    Saran
Sekolah hendaknya menyeimbangkan antara academic building dan karakter building.
Kegiatan ekstrakurikuler sebagai satu wahana character building bagi peserta didik hendaknya dikelola secara baik dan professional.

Thanks for reading & sharing ARIE CELLULAR

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

Popular Posts