Pesan Sekarang

Kliping Senam SKJ 2012



SENAM SKJ 2012

  
Latar Belakang
Gerak jasmaniah merupakan kebutuhan yang mutlak bagi makhluk hidup, dari jaman nenek moyang kita selalu harus bergerak dan berpindah tempat, mereka bergerak untuk mengejar dan mencari binatang buruan untuk melangsungkan kehidupan, kehidupan mereka di warnai dengan gerak jasmaniah. Selama makhluk hidup masih mau dan mampu bergerak maka makhluk hidup tersebut masih mampu menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar dengan perubahan-perubahan sehingga makhluk tersebut akan mampu mempertahankan hidupnya, ia akan tetap survive. Dan sebaliknya dapat dikatakan bahwa makhluk hidup yang ingin tetap survive, ia harus mau dan mampu menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar maupun perubahan-perubahanya, ia harus mau bergerak untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.
Dengan demikian gerakan dan bergerak merupakan kebutuhan mutlak bagi makhluk hidup agar ia tetap hidup. Kenyataan diatas ditunjang oleh Kar Povich yang mengungkapkan : “Growth through use, and atrophy disuse”(Karpovich di dalam Sastropanoelar, 1986) bahwa organ-organ dan bagian tubuh akan tumbuh dan berkembang bila (sering, selalu) digunakan dan sebaliknya akan aus atau mati bila tidak dipergunakan”.(Sudarno:2)

Pada saat ini kemajuan tekhnologi sangat mengagumkan, hampir semua peralatan yang diperlukan manusia sudah serba otomatik-elektronik, dilihat dari segi kemudahan kita bisa lebih merasakan kenikmatan hidup, untuk menghubungi orang kita sudah bisa telepon saja, untuk bermain anak-anak sudah ada internet ataupun playstation yang membuat anak semakin nyaman duduk berjam-jam menghabiskan waktunya di depan televisi untuk bermain game.

Menurut Astrand (1973) dalam Sudarno,1992:4, pada masyarakat modern dewasa ini mesin elektronik-otomatik telah merampas sebagian kerja jasmaniah kita yang bagi nenek moyang kita merupakan porsi utama mereka. Kehidupan sehari-hari kita saat ini diwarnai dengan duduk, berbaring, atau berkendara. Sehingga rangsangan alamiah yang sangat vital bagi kehidupan lewat kerja jasmaniah sebagian besar telah lenyap dan mengakibatkan kemunduran tingkat kesegaran jasmani karena kurangnya gerak yang dilakukan manusia modern saat ini.


Cabor olahraga senam di Indonesia mewarisi sejarah dan tradisi yang cukup panjang dalam perkembangannya. Diawali dari perkembangan yang didorong oleh militer di masa-masa kependudukan Belanda dan Jepang, senam pernah identik dengan olahraga militer di masa-masa awal kemerdekaan dengan dominasi pelatih yang juga datang dari latar belakang kemiliteran yang kuat. Dikalangan sekolah dan perguruan tinggi, senam barang kali hanya dikembangkan oleh STO-STO dan SMOA yang ada di seluruh Indonesia. Sedangkan di kalangan masyarakat sendiri, senam saat itu belum memungkinkan dikembangkan mengingat keharusan menyediakan peralatan yang relatif mahal. Untuk memahami perkembangan olahraga senam tersebut, dalam makalah ini diturunkan lintasan sejarah singkat olahraga senam, dan penjelasan-penjelasan senam lainnya.Selanjutnya, dipandang perlu pula untuk mengupas beberapa pengertiandan istilah yang dipakai dalam senam, mengingat banyak sekali yang salah pengertian yang berkembang selama ini. Dan terakhir perlu pula dijelaska  beberapa ciri fisik yang diperlukan dalam senam, serta upaya mengembangkan komponen-komponen kualitas fisik tersebut dalam praktik dalam pelatihan dan pembelajaran. Dengan demikian, disini akan dibagi ke dalam beberapa penjelasan. Diantaranya: membahas Sejarah Masuknya Senam Ke Indonesia dan beberapa tahapan perkembangannya, membahas pengertian senam serta pengelompokkan senam sesuai pengertian dan penjenisannya, membahas persyaratan fisik yang harus dimiliki dan dapat terkembangkan melalui partisipasi dalam senam, dilengkapi dengan pembahasan pengertian serta metode pengembangannya.
Pada saat ini olahraga merupakan kebutuhan yang dibutuhkan bagi semuaorang. Bahkan sudah termasuk dalam pelajaran wajib di sekolah. Bukan hanya menyehatkan olahraga juga memberikan dampak positif yang banyak sekali bagi tubuh kita. Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita jumpai berbagai macamolahraga. Salah satunya adalah senam. Senam merupakan olahraga yang banyak manfaatnya bagi tubuh kita.karena, pada saat kita senam kita menggerakan seluruh anggota tubuh kita. Mulai dari kepala, tangan, badan, kaki, otot, dsb.Senam juga telah diakui di dunia perolahragaan dan juga sudah di ikutkan didalam acara-acara besar seperti SAE GAMES, ASIAN GAMES, bahkan OLIMPYADE. Sehingga tidak jarang anak kecil sudah di didik sejak dini dalam menekuni senam agar bisa menjadi pesenam yang handal.
 Tetapi senam bukanhanya bisa di buat lomba tapi juga di buat untuk kegiatan yang menyehatkan. Karena waktu kita melaksanakan senam otot-otot kita dipaksa untuk bekerja.





a.      Pengertian senam
     Senam adalah suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsaYunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus.Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanya ada yang melakukannya di rumah, ditempat fitness, di gymnasium maupun di sekolah.Sekarang, sejak kecil banyak anak sudah terbiasa diajarkan senam,baik oleh orang tua, maupun oleh pengajar olahraga di sekolah.Senam sangat penting untuk pembentukan kelenturan tubuh, yang menjadi arti penting bagi kelangsungan hidup manusia.Senam ada berbagai macam, diantaranya senam lantai, senam hamil,senam aerobik, senam pramuka, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dll.Biasanya di sekolah dasar, guru-guru mengajarkan senam-senam yang mudah dicerna oleh murid, seperti SKJ dan senam pramuka. Namun ketika beranjak remaja, banyak orang melakukan senam aerobik,ataupun senam lain termasuk meditasi untuk menenangkan diri.

b.      Pengertian senam kebugaran jasmani :
     Senam Kesegaran Jasmani atau sering disingkat dengan SKJ adalah senam massal yang diwajibkan oleh pemerintah Indonesia. Senam ini biasanya diiringi oleh lagu berirama dari berbagai provinsi yang diaransemen ulang dan biasanya dilakukan oleh sekelompok peserta besar. SKJ biasa dilakukan di tempat-tempat umum di Indonesia di hari-hari tertentu dalam satu minggu, yaitu hari Jumat pagi. Senam ini beserta musik yang mengiringinya menjadi sangat populer pada tahun '80-an dan '90-an saat masa pemerintahan Orde Baru. Seri Senam Pagi Indonesia (SPI) diperkenalkan di akhir '70-an dengan SPI seri A, B, C, dan D untuk anak-anak sekolah. Senam Kesegaran Jasmani diperkenalkan pada awal 1984 berdasarkan Surat Perintah Menpora untuk diajarkan ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia.
Adapun pengertan secara umum yaitu Senam Adalah terjemahan dari kata “ Gymnastic”( Bahasa Inggris ), Gymnastiek ( Bahasa Belanda ). Gymnastic asal katanya dari gymnes atau gymnazein ( Bahasa Greek – Yunani ) yang berarti telanjang (nude). Pada zaman kuno, Gymnastic dilakukan dengan telanjang atau setengah telanjang, maksudnya adalah supaya gerakan dapat dilakukan tanpa ada gangguan sehingga menjadi sempurna.
Tempat berlatih senam diebut Gymnasion (Yunani) atau Gymnasium (Inggris), sedang pemain senam (pesenam disebut : Gymnast.

1.    Drs. Imam Hidayat, Drs.Pieter Panggabean dan Drs. Imam Soeyadi dalam bukunya : Senam dan Metodik disebutkan :
Senam adalah “latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis”.
2.    William D Halsey dan Bernard Johnston (Collier’s Encyclopedia valume 11, page 543, 1987.) disebutkan :
“Gymnastics aform of physical activity for developing the strength of the body by means of exercise”artinya:” Senam adalah bentuk kegiatan jasmani untuk mengembangkan kekuatan tubuh yang bermaksud untuk latihan.
3.    Paul Price-Smith ( The Student Dictionary. Hal.310,th.1983) disebutkan “Gymnastics the art of training of body by means of certain exercises ”,yang artinya : Senam adalah suatu bentuk (seni) latiahn tubuh yang bermaksud untuk memastikan (memantapkan) dalam berlatih.
4.    Dalam buku : Encyclopedia Amerikana Internationale. Jilid 11 hal 639,1971, disebutkan bahwa senam adalah : suatu latihan untuk meningkatkan kesegaran jasmani yang membutuhkan kekuatan, keseimbangan, kelentukan dan ketrampilan yang dilaksanakan dengan cara berirama (art performance). (Drs. Sholeh Mahmudi. 1992 : 3-4 )
Untuk upaya meningkatkan kebugaran jasmani dapat dilakukan dengan latihan jasmani seperti “Senam Kebugaran Jasmani”. Apabila rangkaian gerakan ini dilakukan secara keseluruhan dengan intensitas yang benar, teratur dan terukur, diharapkan pelaku olahraga kebugaran dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan kesehatan rohani, menumbuhkan watak disiplin,sportivitas, serta meningkatkan produksivitas kerja. Rangkaian Senam Kebugaran Jasmani 2012 merupakan gerakan-gerakan yang mudah untuk dilakukan oleh peserta latih dengan mengedepankan sisi manfaat dari setiap gerakan yang dilakukan. Dengan demikian diharapkan SKJ 2012 ini dapat menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat dalam meningkatkan kebugaran jasmani yang mempunyai manfaat antara lain :
a.       Pelenturan, penguatan, peregangan, dan pelemasan otot-otot.
b.      Keseimbangan dan ketangkasan.
c.       Pertumbuhan yang selaras (harmonis).
d.      Pengoreksian sikap dan bentuk tubuh yang salah.
e.       Kesehatan dan kesegaran jasmani.
f.       Penyembuhan beberapa penyakit tertentu.
(Drs.Eka Pribadi, 1994:19)


Intruksional Senam Kebugaran Jasmani 2012

·         Berdiri tegak tumit rapat ujung telapak kaki, selebar kepalan tangan.
·         Pandangan lurus kedepan
·         Lengan disamping paha, jari - jari rapat.
Gerakan Pemanasan.
       Gerakan pemanasan dalam SKJ 2012 terdapat 11 gerakan. Uraiannya sebagai berikut :
1. Gerakan 1
·         Gerakan 1a
Ayunkan kedua lengan lurus dari bawah hingga lurus keatas melalui depan jari - jari rapat menghadap kedalam. Turunkan kembali melalui depan hingga kembali kesikap awal.
·         Gerakan 1b
Ayunkan ke dua lengan keatas melalui samping hingga kedua telapak tangan rapat. Turunkan kedua telapak tangan hingga didepan dada, Tekuk kedua lutut mengeper sambil menundukkan kepala, kedua telapak tangan tetap didepan dada / sikap hormat, hitungan kedelapan kembali kesikap awal.

2. Gerakan 2
·         Gerakan 2a dan 2b
Jalan ditempat kedua lengan diayunkan menyiku dari pinggang ke arah dagu kedua tangan menggenggam. Dorongkan kedua lengan dari depan dada ke bawah tangan menggenggam, pada hitungan 2 dan 6 kedua tangan menepuk di depan dagu. Pada hitungan 4 dan 8 kedua tangan dipinggang, jari - jari rapat sambil berteriak haaaa" , 

3. Gerakan 3
·         Gerakan 3a
Jalan ditempat tangan dipinggang kepala menengok ke kanan dan ke kiri.
·         Gerakan 3b
Jalan ditempat tangan dipinggang kepala direbahkan ke kanan dan ke kiri.

·         Gerakan 3c
Jalan ditempat tangan dipinggang kepala menunduk kemudian kembali menghadap ke depan.
·         Jalan ditempat tangan dipinggang kepala diayungkan ke kanan dan ke kiri hingga menoleh kesamping pada hitungan ke 8 kembali menghadap ke depan.
4. Gerakan 4
·         gerakan 4a dan 4b
Letakkan ujung kaki kedepan secara bergantian ayunkan kedua siku bersamaan dari samping badan ke atas, kedua ujung jari tangan menempel di bahu, kemudian jalan ditempat putarkan siku dari depan dada/ kedua siku selebar bahu memutar kebawah, belakang, atas sampai depan bahu kembali atau satu kali putaran 2 hitungan.
·         gerakan 4c dan 4d 
Gerakan kaki sama dengan gerakan 4a hitungan 1 s/d 8, ayunkan siku dari samping badan setinggi bahu ke depan sampai bertemu di depan dada, kemudian jalan ditempat arah putaran sikudari depan bahu ke atas, belakang, bawah sampai kedepan bahu kembali atau satu kali putaran dua hitungan. Setalah hitungan ke 8 terakhir sikap gerakan ke 5a.

5. Gearkan 5a
·          gerakan 5a dan 5b (di ulang 2 x 1-8 hit)
Hitungan 1,3,5,6 melangkah dua langkah ke kanan tangan kanan ayunkan kepalan tangan dari depan pusar ke atas kepala, tangan kiri dipinggang ibu jari di belakang 4 jari lainnya di depan rapat. Hitungan 2,4,7,8 lakukan gerakan seperti di atas melangkah ke sisi kiri. Setelah hitungan ke 8 kedua telapak tangan rapat di depan dada, melangkah satu langkah ke depan dan belakang membuka kedua tangan dari depan dada telapak tangan berhadapan hingga lurus kesamping setinggi bahu terbuka lebar ulangi gerakan yang sama.

6. Gerakan 6
·         gerakan 6a dan 6b
Melangkah zigzag kedepan hit 1-4, dorongan ke dua lengan dari pinggang tangan mengepal hingga selebar dan setinggi bahu, tangan membuka jari - jari rapat, melangkah zigzag kembali ke belakang hit 5-8. Kemudian Letakkan tumit ke samping depan kembali ujung kaki merapat jinjit di samping kaki tumpu kesisi kanan dan kiri.Dorongkan kedua telapak tangan dari depan bahu hingga lurus ke atas jari - jari rapat sedikit ditekut, ulangi gerakan 2 x 8 hit berikutnya.

7. Gerakan 7
·          gerakan 7a dan 7b
Angkat kaki menyiku setinggi pinggul bergantian, kedua kepalan tangan di angkat dari depan paha hingga depan dada, kemudian buka kaki kiri selebar bahu sambil mengeper, tlapak kaki kiri menapak kaki kanan jinjit, ayunkan kedua lengan dari depan paha hingga kesamping atas lebih kurang 45". Satu tangan di depan dada lengan bawah searah dengan lengan yang lurus, lakukan bergantian ke sisi kanan. Ulangi gerakan diatas pada 2 x hit 8 berikutnya.

8. Gerakan 8
·         gerakan 8a dan 8b
Kaki masih terbuka selebar bahu sambil mengeper, telapak kaki kiri menapak, kaki kanan jinjit, tangan kiri mengepal di pinggang mendorongkan lengan kanan dari pingganga tangan mengepal ke arah serong kiri setinggi bahu telapak tangan terbuka jari - jari rapat. Kemudian Silangkan kaki kanan kebelakang kaki kiri dilanjutkan ke sisi lainnya, luruskan lengan kiri ke samping kiri bawah atau diagonal, kepalan tangan kanan di depan dada dan sebaliknya. Ulangi gerakan diatas pada 2 x hit 8 berikutnya.

9. Gerakan 9
·         gerakan 9a dan 9b
Ayunkan kaki kesamping kiri dan kanan, tangan kiri di paha tangan kanan mengayun dari samping menyilang ke kiri kembali kesamping dan ke atas kiri, lalu gerakan 9b ayunkan kedua lengan lurus dari samping kearah depan hingga telapak tangan menempel kemudian kembali kesamping kedua kaki mengeper. Ulangi gerakan diatas pada 2 x hit 8 berikutnya.

10. Gerakan 10
·         gerakan 10a dan 10b
Kaki tetap terbuka selebar bahu Ayunkan badan ke kanan dan ke kiri tangan kanan tarik lurus ke sisi kiri jari jari terbuka tangan kiri menarik tangan kanan di siku, telapak tangan di siku jari - jari rapat. Ayunkan lutut kearah kanan dan kiri pada hitungan kedelapan badan tegak kaki tetap terbuka selebar bahu kedua tangan direntangkan. Ulangi gerakan ke sisi kebalikannya pada hitungan 1 x 8 berikutnya.

11. Gerakan 11
·         gerakan 11a dan 11b
Letakkan kaki kanan ke belakang hingga telapak kaki menapak dan jinjit kembali lutut kaki kiri menekuk dan lurus kembali, kedua lengan lurus keatas telapak tangan disilangkan ibu jari berkaitan. kemudian lakukan gerakan kaki sama seperti hit 1 x 8 pertama kaitkan kedua jari-jari tangan di belakang badan, sikap lengan lurus pada hit ke 8 kembali ke sikap awal.

Koleksi Produk Lainnya :

Post a Comment

 
Copyright © 2017. FLATSHOP Template - Design by: idBLOGSPOT