Pesan Sekarang

10 Manfaat Tidur Malam yang Baik bagi Kesehatan


Semua orang butuh tidur, tentu saja kualitas tidur malam yang baik. Dulu, tidur sering di abaikan oleh para ahli dan selalu dikelilingi oleh mitos-mitos, tapi sekarang kita mencoba untuk memahami betapa pentingnya kualitas tidur bagi kesehatan kita. Faktanya, ketika seseorang tidur kurang dari 6-7 jam setiap malam, imunitas tubuh akan berkurang dan meningkatkan risiko terjangkit penyakit.

Di bawah ini 10 keuntungan tidur malam yang baik bagi kesehatanTidur menjaga jantung Anda tetap sehat

  1. Serangan jantung dan stroke sering kali terjadi selama jam-jam pagi atau subuh. Fakta ini dapat dijelaskan oleh cara kita tidur berinteraksi dengan kinerja pembuluh darah kita. Tidur yang kurang telah dihubungkan dengan memburuknya tekanan darah dan kolesterol, dan semua ini menyebabkan risiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Jantung Anda akan lebih sehat jika tidur diantara 7-9 jam per malam.
  2. Tidur dapat mencegah kanker. Orang yang bekerja malam akan lebih berisiko terkena kanker payudara dan kanker usus besar. Para peneliti meyakini bahwa hubungan ini disebabkan perbedaan melatonin terhadap orang yang terpapar cahaya pada malam hari. Paparan cahaya mengurangi kadar melatonin,yaitu hormone yang membuat kita bisa merasa ngantuk dan sekalian juga menjaga tubuh dengan melawan kanker. Melatonin keluar untuk menahan perkembangan tumor. Pastikan agar kamar Anda gelap agar membantu tubuh Anda memproduksi melatonin.
  3. Tidur dapat mengurrangi stres. Ketika tubuh Anda kurang tidur, dan hal itu akan memancing stress. Fungsi tubuh akan berada pada kondisi sangat waspada yang akan menimbulkan kenaikan tekanan darah dan pelepasan hormone stres. Tekanan darah yang tinggi akan meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan stroke.
  4. Tidur dapat mengurangi peradangan. Peningkatan hormon stres akan meningkatkan tingkat peradangan pada tubuh Anda, juga akan menciptakan risiko yang lebih besar pada kanker dan diabetes. Peradangan dipandang sebagai salah satu penyebab kondisi tubuh kelihatan cepat tua. Oleh karena itu, orang yang kurang tidur akan lebih cepat kelihatan tua.
  5. Tidur membuat Anda lebih siaga. Tentu saja, tidur malam yang baik akan membuat merasa bersemangat dan siaga keesokan harinya. Merasa aktif dan bersemangat sepanjang hari juga akan meningkatkan kesempatan Anda untuk tidur dangan baik lagi pada malamnya. Ketika Anda bangun dan merasa segar, gunakan energi itu secara aktif pada setiap kesibukan Anda, maka akan menigkatkan kualitas tidur Anda malamnya dan akan menambah energi Anda setiap pagi berikutnya.
  6. Tidur dapat meningkatkan memori. Penelitian tidak dapat memahami dengan begitu jelas kenapa kita tidur dan bermimpi, tetapi sebuah proses yang disebut memory consolidation (penggabungan memori) terjadi ketika kita tidur. Ketika tubuh Anda beristirahat, otak Anda tetap berproses, membuat koneksi antara kejadian-kejadian, perasaan-perasaan dan memori-memori. Semakin tinggi kualitas tidur Anda akan membantu Anda mengingat dan memproses berbagai lebih baik.
  7. Tidur dapat membantu Anda mengurangi berat badan. Penelitian juga menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam per malam akan lebih gampang terkena kegemukan dan obesitas. Hal ini berdasar jika kurang tidur akan mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh yang akan mempengaruhi nafsu makan. Jadi, jika Anda tertarik untuk mengotrol berat badan, harap diperhatikan untuk selalu mendapatkan tidur yang baik setiap malam
  8. Tidur siang dapat membuat Anda lebih pintar. Tidur sebentar pada siang hari tidak hanya efektif sebagai alternatif refreshing, juga dapat menjaga kesehatan Anda dan menjaga Anda untuk tetap produktif. Orang-orang yang tidur sebentar ketika tidur memiliki tingkat stress yang lebih rendah. Tidur siang juga dapat meningkatkan daya ingat, fungsi kognitif (otak) dan mood.
  9. Tidur dapat mengurangi risiko depresi. Tidur sangat berpengaruh besar terhadap zat-zat kimia dalam tubuh kita, termasuk serotonin. Orang yang kekurangan serotonin akan lebih gampang menderita depresi. Anda dapat mencengah depresi dengan memastikan tidur selama 7-9 jam setiap malam.
  10. Tidur membantu tubuh Anda memperbaiki bagian-bagian yang rusak atau aus. Tidur adalah waktu untuk memperbaiki kerusakan akibat stres, sinar ultra violet, dan paparan-paparan berbahaya lainnya. Sel-sel dalam tubuh memproduksi lebih banyak protein ketika tidur. Protein ini berguna untuk memperbaiki kerusakaan-kerusakan tadi.
Di kutip dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat buat kita bersama, Aamiin ya robbal Alamiin. ^_^

Koleksi Produk Lainnya :

Post a Comment

 
Copyright © 2017. FLATSHOP Template - Design by: idBLOGSPOT