20 Makanan Sehat saat Musim Panas

Musim akan mempengaruhi perilaku pola makan seseorng demi memenuhi kebutuhan untuk hidup sehat. Di saat cuaca panas sebaiknya kita banyak makan makanan yang kaya kandungan antioksidan, vitamin dan mineral untuk menjaga kondisi tubuh kita. Apalagi musim panas ini bersamaan dengan bulan Ramadhan, bagi yang berpuasa tentu harus lebih memperhitungkan asupan gizi dan vitamin agar ibadah dan aktifitas kerjanya tidak terganggu oleh kesehatan yang menurun.
Makanan apa saja yang baik di Konsumsi saat musim kemarau/panas ini?
Berikut Dua puluh makanan yang baik di konsumsi saat musim kemarau.
1JERUK
Selain sebagai salah satu buah yang merupakan sumber vitamin C, jeruk juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung antioksidan dan beta karoten. Ketika panas terik sari  buah jeruk apalagi ditambah dengan es merupakan minuman favorit di saat panas.

 2.  ALPUKAT
Kita semua tahu kalau buah alpukat itu kaya lemak, jadi bagaimana ceritanya bisa bikin langsing? Buah ini sudah banyak dikenal sebagai sumber energi di musim semi / panas di beberapa negara sub-tropis. Kandungan kaya lemak dari alpukat merupakan sumber energi sehat tahan lama untuk kita sehingga kita jadi jarang ngemil makanan lainnya.

3.  MANGGA
Mangga adalah salah satu buah-buahan favorit di negara yang ada musim panas. Tapi apakah Anda tahu bahwa mangga juga merupakan makanan yang bisa mendetokstifikasi racun? Ya, mangga memang makanan detoks yang dilengkapi serat yang tinggi dan tak memiliki kandungan lemak. Mangga juga kaya akan vitamin A, yang membuat rambut Anda jadi berkilau dan kulit tampak cerah.

4.  ANGGUR
Buah ini kaya akan antioksidan, apalagi buag anggur ungu. Antioksidan dapat membantu kita tampak awet muda lebih lama dan bisa melindungi kita dari kanker, dan bisa meningkatkan daya ingat. Buah anggur bayak di kenal sebagai cemilan rendah kalori.

5.  SEMANGKA
Semangka adalah salah satu makanan terbaik saat cuaca panas dan juga makanan detoks yang sangat baik. Hal itu terjadi karena kandungan air yang tinggi, hingga bisa melepas dahaga Anda sekaligus kenyang dalam waktu yang lama. Selain itu juga, makan semangka membantu membersihkan racun dari tubuh.

6ASPARAGUS
Asparagus adalah sayuran khas musim panas yang kaya akan nutrisi. Semangkok Asparagus lebih dari cukup untuk asupan vitamin K, vitamin A, thiamin, niacin, tryphtophan, serat dan vitamin B6.

7.  TERONG
Terong itu kaya akan nasunin, suatu antioksidan yang terdapat di kulitnya yang bisa mencegah penyebaran Kanker. Terong juga dapat meningkatkan kesehatan pembuluh jantung (cardovascular), bahkan suatu studi telah menunjukkan bahwa buah ini dapat meningkatkan aliran pembuluh darah. Terong juga kaya akan trytophan, jadi bisa membuat kita tidur lebih nyenyak di malam hari dan kita akan bangun dengan segar.

8.  KELAPA MUDA
Untuk buah yang satu ini jelas kalau untuk musim panas pikiran kita cuma satu, menyegarkan, apalagi jika dihidangkan dengan es atau baru diambil dari pohonnya. Karena memang air yang berasal dari kelapa berfungsi untuk menghilangkan rasa kelelahan dan lesu. Juga air kelapa merupakan cairan isotonik yang berguna untuk kebugaran tubuh.

9.  TOMAT
Buah-buahan berwarna merah dan sayuran artinya banyak mengandung lycopene (pigmen karotenoid merah), suatu antioksidan pelawan kanker yang kuat. Pigmen tersebut juga di ketahui bisa mengurangi kerusakan sel akibat racun dan proses penuaan.

10.  SELADA AIR
Ketika kita bernapas kandungan zat besi dalam tubuh akan berkurang, dan akan membuat kita mudah lelah. Selada air adalah sumber zat besi yang baik, jadi tambahkan selada air dalam jumlah besar ke dalam salad Anda. Bagi mereka yang senang berkebun, sayuran ini sangat mudah ditanam di rumah.

11.  BROKOLI
Tanaman dari kubus-kubisan ini mempunyai segalanya. Tanaman dari suku ini sering di ketahui memiliki kandungan yang bisa menetralisir racun di organ hati dan membantu menjaga sistem tubuh kita, membuat kita tampak merasa sehat.

12.  BLUE BERY
Sudah ada penelitian yang dilakukan di kampus Texas Women’s College dan ditulis di koran Time, diketahui buah blueberi ternyata benar bisa melawan lemak. Peneliti Shiwani Moghe memberikan ekstrak polifenol (polyphenols) dari blueberi  ke contoh jaringan seekor tikus mencit di cawan petri dalam 3 variasi dosis.  Dia menemukan hal yang luar biasa. Jaringan yang diberi  polifenol mengandung lemak lebih sedikit dari contoh pembandingnya, dan efek tersebut berbeda untuk masing-masing dosis: contoh jaringan yang diberi dosis tertinggi polifenol mengalami 73% penurunan lemak, sementara dosis terendahnya mengalami penurunan sebesar 23%.

13.  LEMON
Lemon bisa membuat merupakan minuman detoks yang sehat pada saat cuaca sedang panas. Hal itu karena lemon tinggi akan vitamin C, yang bisa membantu tubuh membuang akumulasi racun. Selain itu, lemon juga bertindak sebagai pencahar alami yang membantu menyingkirkan kotoran dari tubuh.

14.  BAWANG PUTIH
Sudah sejak lama, menurut WHFoods, penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang putih memang dapat membantu mengkontrol pembentukan sel lemak di tubuh. Bawang putih  Makanan Yang Baik Untuk Musim Kemarau (Musim Panas) . Dan bawang putih dapat memberikan rasa lebih untuk makanan favorit kita.

15. BIT
Buah bit sangat efektif untuk membuang racun pada organ hati dan empedu. Mereka tak hanya membantu pencernaan, tetapi juga merangsang kedua ginjal dan sistem limfatik. Bit juga merupakan sumber yang baik fosfor, kalium, magnesium, serat, kalsium dan antioksidan.

16.  KACANG KEDELAI
Kacang kedelai ini merukapan tumbuhan kaya protein yang rendah kalori dan sarat energi. Kacang jni di kenal sebagai phytoestoregen, yang artinya kandungan di dalamnya bisa bekerja seperti hormon kewanitaan esterigen ketika di konsumsi.

17.  MENTIMUN
Mentimun merupakan makanan di cuaca panas yang bisa sangat menyegarkan bila dikonsumsi. Selain itu, sayuran ini mengandung nol kalori yang bisa membantu menurunkan berat badan. Di samping itu, lantaran jumlah air yang sangat banyak hal itu membantu mengatur aliran urine dan membuang racun dalam tubuh. Ini adalah makanan yang ideal saat cuaca panas yang akan membuat Anda tetap terhidrasi dan segar.


18.  JAGUNG
Berbahagialah bagi mereka yang senang makan jagung, ternyata sayuran yang satu ini selain kaya akan mineral dan pengontrol kolesterol, ternyata jagung juga sangat penting ketika musim panas tiba yaitu mencegah kita dari anemia karena mengandung vitamin B dan asam folat juga untuk kesehatan kulit karena kaya anti oksidan.

19.  PISANG
Apa jadinya dunia tanpa pisang? Pisang tidak hanya cocok sebagai kudapan, tapi juga memuaskan rasa lapar Anda terhadap makanan manis (jangan lupa jika menu musim panas Anda seharusnya menjadi pelajaran tentang makanan sehat yang harus bertahan hingga akhir musim ini), mereka juga salah satu sumber utama potasium, yang menurut para ahli membantu mengurangi cairan tubuh yang hilang saat kita berkeringat.

20YOGURT
Sebenarnya, yogurt dikemas untuk dimakan pada musim panas. Protein yang terdapat dalam yogurt dapat menjaga anda dari kelebihan kadar garam dan menjaga kadar kalori yang tinggi. Tak hanya itu, yogurt juga menambahkan dosisi probiotik yang dapat melancarkan pencernaan.

Demikian Artikel 20 MAKANAN SEHAT SAAT MUSIM PANAS, semoga bermanfaat Aamiin. ^_^

-dari berbagai sumber-