2 Hal Yang Tidak Di Sukai Manusia

Dalam hidup ini, manusia menginginkan kesenangan-kesenangan yang bersifat duniawi, bahkan sepertinya ingin menikmati kehidupan ini selamanya. Oleh karena itu, dia tidak suka pada hal-hal yang mengganggu kesenangannya. Rasulullah SAW. Bersabda:

"Dua perkara yang tidak disenangi anak Adam, yaitu mati, padahal mati itu lebih baik daripada fitnah (cobaan); dan harta yang sedikit, padahal harta yang sedikit adalah meringankan hisab." (HR Ahmad)

Melihat hadits di atas, ada dua perkara yang tidak disenangi manusia, yaitu sebagai berikut.

1.Kematian
  • Banyak di antara manusia yang tidak menyukai kematian, seolah-olah mereka ingin hidup selamanya. Padahal, mati merupakan kepastian bagi setiap manusia. Terpisahnya ruh dari raga justru akan mengantarkan manusia pada kehidupan yang lebih menyenangkan daripada kehidupan di dunia. Hal ini akan membuat kehidupannya dijalani dengan sebaik-baiknya menurut ketentuan Allah dan Rasul-Nya dalam nuansa ketakwaan, sebagaimana firman-Nya, "Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan Muslim." (Ali ‘Imraan: 102)


2.Sedikit Harta: 
  • Setiap orang ingin memiliki harta yang banyak dan mencukupi semua kebutuhan hidup. Namun harta yang banyak itu menuntut pertanggungjawaban yang besar pula. Dari mana atau dengan cara apa harta didapatkan, dan dimanfaatkan untuk apa saja.

Oleh karena itu, bila seseorang hanya memiliki sedikit harta, dia harus mensyukurinya agar terasa banyak. Allah SWT berfirman,

 “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti adzab-Ku sangat berat.” (Ibrahim: 7)


 Semoga bermanfaat bagi kita semua! Aamiin ya rabbal ‘alamiin.