LIMA HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN DALAM BERPUASA

      


         Pada bulan Suci Ramadhan kita sebagai umat Islam menjalankan ibadah berpuasa, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dimana kita saling berbagi dan tidak ada iri maupun dengki dll.
Selain menahan haus dan lapar juga masih ada lagi perkara yang harus di perhatikan agar puasa kita berkah dan dapat di trima oleh allah SWT.
Diantaranya yaitu :

Pertama

jagalah pandangan kita dari hal - hal yang dilarang seperti melihat seorang wanita dengan perasaan nafsu,
Rasulullah saw bersabda, "Pandangan adalah satu anak panah dari panah-panah syetan. Barangsiapa takut kepada Allah, hindarilah melihat maksiat. Maka Allah mengaruniakan kepadanya cahaya iman yang kemanisan dan kelezatannya akan terasa di hati."

kedua

Menjaga lidah dari dusta, perkataan sia-sia, mengumpat, perkataan kotor, menipu, bertengkar, dan sebagainya. Dalam Sahih Bukhari ada sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa puasa adalah perisai bagi manusia. Oleh karena itu mereka yang berpuasa hendaknya menjauhi perkataan yang buruk dan perkataan yang bodoh, seperti: mengejek, bertengkar, dan sebagainya.

 ketiga

adalah menjaga telinga dari mendengarkan hal-hal yang makruh, yakni perkataan yang tidak boleh diucapkan oleh mulutnya, maka mendengarnya pun tidak boleh.
 Rasulullah saw. bersabda, "Dalam hal mengumpat, maka yang mengumpat maupun yang mendengarkannya keduanya sama-sama berdosa."

keempat

Jangan makan terlalu kenyang ketika berbuka walaupun dengan makanan yang halal, karena dengan demikian tujuan puasa tidak akan tercapai. Tujuan puasa adalah untuk mengurangi kekuatan nafsu syahwat dan kekuatan sifat hewaniyah serta meningkatkan kekuatan iman (nuraniyah) dan ketaatan (malakiyah) . Selama 11 bulan kita makan dan minum dengan bebas, maka apakah pengurangan makan pada bulan Ramadhan ini akan membahayakan jiwa kita?  tentu saja tidak  misalnya saya belum pernah mendengar berita orang meninggal atau sakit gara - gara berpuasa.

 kelima

  dijauhkan diri dari dosa dan hal-hal yang haram. Tangan jangan menyentuhnya, kaki jangan berjalan ke arahnya, begitu juga dengan anggota tubuh yang lain. perut hendaknya dijaga agar tidak memakan makanan dan minuman yang haram maupun yang meragukan (syubhat) terutama ketka berbuka puasa.